Penyelenggaraan Anugerah Academic Leader bagi dosen merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Sumber Daya Manusia bertujuan untuk memberikan dorongan kepada dosen agar terpacu untuk mengembangkan ide kreatif dalam implementasi Merdeka Belajar, Kampus Merdeka dan secara nyata berkontribusi terhadap pencapaian indikator kinerja utama (IKU) bagi Universitas. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk membangun iklim kondusif penguatan dan pengembangan inovasi, membangun SDM pekerja keras yang dinamis, produktif, terampil, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.
Untuk mencapai Indikator Kinerja Utama pada tingkat kementerian, maka Universitas Indonesia memiliki peran yang sangat penting dan strategis. Penyelenggaraan kegiatan anugerah Dosen sebagai Academic Leader diberikan kepada Dosen yang selama bertugas telah menghasilkan karya inovatif bidang Pembelajaran, bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, berkontribusi nyata terhadap pencapaian Indikator Utama Universitas Indonesia, menginspirasi teman sejawat dan sangat bermanfaat bagi pembangunan nasional.
JADWAL KEGIATAN
Jadwal Pelaksanaan Anugerah Academic Leader bagi DosenĀ
Tahun 2024
No | Tenaga Kependidikan | Jadwal Pelaksanaan |
1. | Pengumuman | 10 Mei 2024 |
2. | Pendaftaran Academic Leader (bagi dosen) | 10 Mei – 10 Juni 2024 |
3. | Proses Seleksi Administrasi | 7 Juni – 13 Juni 2024 |
4. | Pengumuman Seleksi Administrasi dan Jadwal Penjurian | 15 Juni 2024 |
5. | Proses Penjurian Academic Leader | 19 Juni – 21 Juni 2024 |
6. | Pengumuman Pemenang | 26 Juni 2024 |
7 | Pengusulan tingkat nasional | 28 Juni 2024 |
* jadwal bisa berubah sewaktu-waktu
- ACADEMIC LEADER BAGI DOSEN
- Kategori
Kategori Kategori Academic Leader bagi dosen pada tingkat Universitas terbagi menjadi 9 (sembilan), yang terdiri dari:
No | Kategori |
1 | Academic Leader bidang Sosial Humaniora |
2 | Academic Leader bidang Seni dan Budaya |
3 | Academic Leader bidang Kependidikan |
4 | Academic Leader bidang Kesehatan |
5 | Academic Leader bidang Sains |
6 | Academic Leader bidang Teknologi |
7 | Academic Leader bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi |
8 | Academic Leader bidang Pertanian |
9 | Academic Leader bidang Kemaritiman |
- Persyaratan Umum
Persyaratan Academic Leader bagi Dosen sebagai berikut:
- Berstatus Dosen Tetap (PNS dan Non PNS);
- Pendidikan minimal S3 dengan jabatan akademik minimal Lektor Kepala;
- Memiliki rekam jejak yang membanggakan dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi, termasuk kontribusi nyata dalam implementasi Merdeka Belajar, Kampus Merdeka;
- Memiliki keterlibatan langsung dalam membina dosen muda dan/atau mahasiswa untuk menghasilkan karya inovatif dalam bidangnya;
- Karya-karya inovatifnya sering dijadikan rujukan rekan sejawatnya dan/atau diimplementasikan di masyarakat, pemerintah dan sektor swasta (industri), serta mendapat pengakuan atau anugerah, baik pada tingkat nasional maupun internasional;
- Belum pernah menerima Anugerah Dosen sebagai Academic Leader untuk kategori yang sama
- Mengisi formulir pendaftaran dan mengumpulkan kelengkapan dokumen yang dipersyaratkan pada link pendaftaran daftar di sini
- Penilaian
- Penilaian terhadap calon penerima Anugerah Dosen sebagai Academic Leader akan difokuskan pada:
- Capaian Tridharma meliputi Pendidikan pengajaran, Penelitian dan Pengabdian pada masyarakat;
- Kapasitas kepemimpinan dalam keilmuan;
- Rekam jejak dalam membangun jejaring nasional dan global.
- Kelengkapan Dokumen
No | KRITERIA | Sumber/Tautan |
1 | H-index pada Scopus | https://www.scopus.com/fr eelookup/form/author.uri? zone=TopNavBar&origin= NO%20ORIGIN%20DEFI NED |
2 | Jumlah sitasi terhadap seluruh karya ilmiah (pada Scopus) | https://www.scopus.com/fr eelookup/form/author.uri? zone=TopNavBar&origin= NO%20ORIGIN%20DEFI NED |
3 | H-index pada Google Scholar | https://scholar.google.com/ |
4 | Jumlah sitasi terhadap seluruh karya ilmiah (pada Google Scholar) | https://scholar.google.com/ |
5 | Pengalaman Penelitian | Kontrak halaman pertama |
6 | Pengalaman sebagai Keynote/Plenary /Invited Speaker | Surat Undangan dan atau Sertifikat |
7 | Pengalaman sebagai Visiting Professor/ Guest Lecturer | Surat Undangan dan atau Sertifikat |
8 | Menghasilkan karya ilmiah pada Jurnal Ilmiah bereputasi | Link Paper/DOI Paper |
9 | Menerbitkan Buku | Cover dan Hal pertama memuat ISBN dan penerbit |
10 | Memperoleh KI (Hak Paten/PVT) | Link DJKI |
11 | Dampak implementasi prestasi/inovasi yang dihasilkan | Kontrak/PKS/dokumen pendukung lainnya |
12 | Penghargaan yang pernah diperoleh terkait dengan implementasi inovasi | Sertifikat |
13 | Kontribusi terhadap implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) | Surat Tugas/SK Dekan atau Rektor |
14 | Hal yang sangat dibanggakan terkait dengan inovasi atau prestasi lain | Dokumen pendukung |
- Semua Dokumen Pendukung dikumpulkan dalam folder di drive. Dokumen setiap kriteria dibuat satu folder masing-masing. Link/tautan drive di sematkan pada formulir pendaftaran
LampiranĀ